Bacaan Niat Sholat Jenazah (Mayit) Lengkap Dengan Latin Dan Artinya

Sholat Jenazah
Sholat Jenazah

Sholat mayit, sholat jenazah adalah salah satu kewajiban bagi seluruh umat muslim apa bila ada seorang muslim yang meninggal, hukum dari menyolatkan mayit ini adalah fardhu kifayah, artinya adalah kewajiban yang ditunjukan kepada orang banyak, apabila sebagian dari mereka telah mengerjakannya maka terlepaslah yang lain dari kewajiban itu, akan tetapi jika tidak ada seorangpun yang mengerjakannya, maka mereka berdosa semuanya.

Disini saya akan membagikan artikel tentang sholat mayit atau sholat jenazah baik itu secara langsung ataupun secara ghaib, mari kita simak artikelnya bersama-sama di bawah ini.

SYARAT SHOLATJENAZAH (MAYIT)
1. Syarat sholat jenazahsama halnya dengan sholat yang lain, yaituharus menutup aurat, suci dari hadats besar dan kecil, suci badan pakaian dan tempatnya serta menghadap ke kiblat.
2. Mayit yang akan di sholatkan sudah dimandikan dan di kafani, baca juga artikel cara memandikan mayit dan mengkafani mayit
3. Letak mayit disebelah kiblat orang yang menyalatkannya, kecuali kalau sholat dilakukan di atas kubur atau sering disebut juga sholat ghoib.

RUKUN SHOLAT JENAZAH (MAYIT)
1. Niat
2. Takbir 4 kali dengan takbiratul ihram
3. Membaca Al-Fatihah sesudah takbiratul ihram

CARA MENGERJAKAN SHOLAT JENAZAH (MAYIT)

Sholat jenazah tidak dilakukan dengan rukuk dan sujud, sholat jenazah juga tidak dengan azan dan iqamah, berikut ini adalah cara untuk melakukan sholat jenazah (mayit).

NIAT UNTUK MAYIT LAKI-LAKI
USHOLLII ALAA HAADZAL-MAYYITI ARBA'A TAKBIIROOTIN FARDHOL-KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHITA'AALAA.

ARTINYA:
Aku niat sholat atas mayit ini empat takbir fardhu kifayah makmuman karena allah ta'ala.

NIAT UNTUK MAYIT PEREMPUAN
USHOLLII ALAAHAADZIHIL-MAYYITATI ARBA'A TAKBIIROOTIN FARDHU KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHITA'ALAA.

ARTINYA:
Aku niat atas mayit ini empat takbir fardhukifayah makmuman karena allah ta'ala.

TAKBIR PERTAMA
Setelah takbiratulihram, yakni setelah mengucapkan allahuakbar bersamaan dengan niat, sambil meletakan tangan kanan diatas tangan kiri di atas perut kemudian dilanjutkan dengan membaca surat al-fatihah (tidak membaca surat yang lain). setelah selesai membaca surat al-fatihah terus takbir membaca allahuakbar .

TAKBIR KEDUA
Setelah takbir yang kedua, kemudian membaca sholawat atas nabi, berikut sholawatnya saya tuliskan dengan arab dan artinya.
*keterangan: jika terlalu panjang silahkan baca lafadz yang berwarna merah saja sudah cukup.

ALLAAHUMMA SHOLLI ALAA MUHAMMADDIN WA'ALAA AALI MUHAMMAD. KAMAA SHOLLAITA ALAA IBROOHIM WA ALAA AALI IBROOHIIM. WABAARIK ALAA MUHAMMADIN WA ALAA AALI MUHAMMAD. KAMAA BAAROKTA ALAA OBROOHIMA WA ALAA AALI IBROOHIM. FIL AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM MAJID.

ARTINYA:
Ya allah, berilah atas sholawat nabi muhammad dan atas keluarganya. sebagai mana engkau telah memberi sholawat kepada nabi ibroohim dan keluarganya. dan limpahilah berkah atas nabi muhammad dan para keluarganya sebagai mana engkau telah memberikan berkah kepada nabi ibrohim dan para keluarganya. diseluruh alam ini tuhan lah yang terpuji yang maha mulia.

TAKBIR KETIGA
Setelah takbir yang ketiga bacalah doa berikut ini untuk mayyit laki-laki sedangkan untuk mayyit perempuan silahkan ganti yang berwarna birudengan lafadz yang berwarna biru yang diberi kurung, lahu menjadi lahaa.
*keterangan: jika terlalu panjang silahkan baca lafadz yang berwarna merah saja sudah cukup.

ALLAAHUMMAGFIRLAHU (LAHAA) WARHAMHU (HAA) WA AAFIHII (HAA) WAFU ANHU (HAA) WA AKRIM NUZULAHUU (HAA) WA WASSI MADKHALAHUU (HAA) WAGHSILHU (HAA) BIL-MAA'I WATS-TSALJI WAL BARODI WA NAQQIHII (HAA) MINAL-KHOTHOOYA KAMA YUNAQQOTS TSAUBAL-ABYADHU MINAD-DANASI WA ABDILHU (HAA) DAARAN KHAIRON MIN DAARIHII (HAA) WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHII (HAA) WA ZAUJAN KHAIRON MIN ZAUJIHII (HAA) WA QIHII (HAA) FITNATAL QOBRI WA ADZAABAN-NAAR.

ARTINYA:
Ya allah ampunilah dia, berilah rahmat dan sejahtera dan ampunilah dosa dan kesalahannya, hormatilah kedatangannya, dan luaskanlah tempat tinggalnya, bersihkanlah ia dengan air salju dan embun, bersihkanlah ia dari segala dosa sebagai mana kain putih yang bersih dari segala kotoran, dan gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya yang dahulu, dan gantikanlah baginya keluarga yang lebih baik baik dari pada keluarganya yang dahulu, dan gantikanlah baginya istri/suami yang lebih baik dari istri/suaminya yang dahulu, dan periharalah (hindarkanlah) ia dari siksa kubur, dan azab api neraka.

Jika mayyitnya anak-anak lafadz doa nya beda lagi, silahkan baca doa berikut untuk mayyit anak-anak.
oa takbir ke tiga mayit anak-anak
Doa takbir ke tiga mayit anak-anak

ALLAAHUMMAJ ALHU FAROTHONLI ABAWAIHI WA SALAFAN WA DZUKHRON WA IZHOTAN WA TIBAARONWA SYAFII'AN WA TSAQQIL BIHII MAWAAZIINAHUMAA WAFRIGHISH-SHOBRO'ALAA QULUU-BIHIMAA WA LAA TAFTINHUMAA BA'DAHUU WA LAA TAHRIMHUMAA AJROHUU.

ARTINYA:
ya allah, jadikanlah ia sebagai simpanan pendahuluan bagi ayah bundanya dan sebagai titipan, kebajikan yang didahulukan, dan menjadi pengajaran ibarat serta syafaat bagi orang tuanya, dan beratkanlahtimbangan ibu bapaknya karenanya, serta berilah kesabaran dalam hati kedua ibu bapaknya. dan janganlah menjadikan fitnah bagi ayah bundanya sepeninggalnya, dan janganlah tuhan menghalangi pahalan kepada dua orang tuanya.

TAKBIR KE EMPAT
Setelah takbir yang ke empat silahkan untuk membaca doa berikut ini.

ALLAAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJROHUU WA LAA TAFTINNAA BA DAHU WAGHFIRLANAA WA LAHUU WA LI IKHWAANINAL-LADZIINA SABAQUUNAA BIL-IIMAANI WA LAA TAJ'AL FII QULUUBINAA GHILLAL LIL-LADZIINA AAMANUU ROBBANA INNAKA RO'UUFUR ROHIIM.

ARTINYA:
Ya allah, janganlah engkau tidak memberikan kepada kami pahalanya, dan janganlah engkau memberikan cobaan-cobaan kepada kami sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia, dan bagi saudara-saudara kita yang mendahului kita dengan iman, danjanganlah engkau menjadikan unek-unek/gelisah dalam hati kami dan bagi orang-orang yang beriman. wahai tuhan kami, sesungguhnya engkau maha pengampun lagi maha penyayang.


SELESAI
Memberi salam sambil memalingkan muka kekanan dan kekiri
AS-SALAAMU ALAIKUM WA ROHMATULLOOHI WABAROKAATUH
Keselamatan dan rahmat allah semoga tetap pada kamu sekalian.

Nah artikel di atas adalah artikel tentang cara melaksanakan sholat jenazah secara langsung, semoga apa yang kami bagikan dapat dengan mudah dimengerti oleh teman-teman, untuk cara bagaimana melaksanakan sholat GHAIB marikita ulas artikel di bawah ini.

SHOLAT GHAIB
Sholat ghaib jenazah atau handai tolan yang meninggal di tempat yang jauh dari sanak saudaranya, maka di sunatkan juga kita melakukan shalat ghaib walaupunwaktu meninggalnya sudah lewat satu minggu atau lebih, shalat ghaib pada mayit ini adalah sah, sebagaimana shalat jenazah biasa, untuk bacaan nya sama saja dengan shalat jenazah secara langsung atau intinya bukan ghaib, yang berbeda hanya pada niatnya saja disebutkan atas mayit ghaib, berikut ini niatnya dibawah kami lampirkan.

NIAT SHOLAT GHAIB
USHOLLII ALAA MAYYITI (FULAN) AL-GHAA'IBI ARBA'A TAKBIITOOTIN FARDHOLKIFAAYATI LILLAAHI TA'AALAA. ALLAHUAKBAR.

ARTINYA:
Aku niat sholat atas mayit (sebutkan nama...) ghaib empat takbir fardhu kifayah karena allah ta'ala. allahuakbar.

DOA SETELAH SHOLAT JENAZAH
Setelah selesai salam, kemudian bersama-sama membaca surat al-fatihah, kemudian imam membaca doa dibawah ini.

BISMILLAAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM
ALLAHUMMA SHOLLI ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD. ALLAAHUMMA BIHAQQIL-FATIHAH. I'TIQ RIQQOOBANAA WA RIQOOBA HAADZAL-MAYYITI (HAADZIHIL MAYYITI) MINANNAAR 3X.

ALLAHUMMA ANZIHIL-ROHMATA WAL MAGHFIROTA ALAA HAADZAL-MAYYITI (HADZIHIL-MAYYITATI) WAJ AL QOBRAHU (HA) RAUDHATAN MINAL-JANNAH. WALAA TAJALHU LAHUU (LAHAA) HUFROTAN MINAN NIIROON. WA SHALLALLAAHU' ALAA KHOIRI KHOLQIHII SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA AALIHII WASHOHBIHII AJMAIINA WAL-HAMDU LILLAAHI ROBBIL-AALAMIIN.

ARTINYA:
Ya allah curahkanlah rahmat atas jugjungan kami nabi muhammad dan kepada keluarga nabi muhammad. ya allah, dengan berkahnya surat al-fatihah, bebaskanlah dosa kami dan dosa mayit ini dari siksaan api neraka 3x.

Ya allah, curahkanlah rahmat dan berilah ampun kepada mayit ini. dan jadikanlah tempat kuburnya taman nyaman dari surga dan jangan lah engkau menjadikan kuburnya itu lubang jurang neraka. dan semoga allah memberikan rahmat kepada semulia-mulia makhluknya yaitu jungjungan kami nabi muhammad dan keluarganya serta sahabat sahabatnya sekalian, dan segala puji bagi allah tuhan seluruh alam.

Nah teman-teman, pembahasan tentang bagai mana niat sholat jenazah serta bacaannya baik untuk laki-laki maupun untuk perempuan dan anak-anak sudah selesai, semoga apa yang saya bagikan dapat dengan mudah dipelajari (Amiiin), untuk artikel selanjutnya blog kajian muslim insya allah jika saya berumurpanjang kita akan membahas tentang bacaan doa tahlil, nah sampai disini dulu pertemuan kita kali ini, wasalamu'alaikum wr.wb

Sumber: http://www.kajianmuslim.net/2018/01/niat-bacaan-sholat-jenazah-sholat-ghaib-mayit-laki-laki-dan-perempuan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Niat Sholat Jenazah (Mayit) Lengkap Dengan Latin Dan Artinya"

Post a Comment